3 Jenis Penyakit Kulit dan Cara Mengobatinya

Satu pagi, saat tengah bercermin, Anda merasakan kegantengan Anda terganggu oleh bercak-bercak atau masalah kulit yg tidak dikehendaki. Makanan yang kurang sehat, stres serta polusi peluang besar yaitu biang keroknya. Dr. Ari Muhandari Ardhie, Sp. KK, spesialis kulit serta kelamin dari RSAB Keinginan Kita juga akan menolong Anda ketahui lebih jauh mengenai beragam masalah pada kulit serta langkah singkirkannya.

3 Jenis Penyakit Kulit dan Cara Mengobatinya

1. Kutu Air

Kecil, berair, serta gatal. Kutu air adalah satu diantara type infeksi pada kulit yang dikarenakan oleh jamur. Cobalah check kaki Anda. Masalah kecil ini umumnya ada diantara jari kaki Anda. “Gejala kutu air umumnya diikuti dengan yang dirasakangatal, dengan kemerahan kulit, lecet atau luka”, papar dr. Ari. Apabila luka itu digaruk juga akan menyebabkan peradangan serta pembengkakan.

Penyebabnya : Kutu air muncul karena jamur yang bernama trichophyton rubum. Jamur ini seringkali menyerang kulit sela-sela kaki, tangan, ataupun kuku. Jamur ini juga akan makin menyebar jika Anda menggaruk sisi yang merasa gatal serta lalu menyentuh sisi badan yang beda. Itu penyebabnya, pada sebagian masalah, jamur ini diketemukan juga menyerang muka serta kulit kepala.

Mencegah : Anda dapat menghindarinya lewat cara melindungi kebersihan badan dan memakai obat gatal ampuh. Upayakan tidak untuk menggunakan sandal atau sepatu yang lembap atau basah, tempat jamur penyebabnya kutu air seringkali hinggap. Serta janganlah bertukar handuk dengan siapa saja!

2. Panu (panau)

Diikuti dengan bercak pada kulit dibarengi rasa gatal ketika berkeringat. Cermati ini : Bercak-bercak yang berlangsung pada kulit Anda bukan sekedar berwarna putih, dapat berwarna apa sajakah. “Bercak panu bukan sekedar berwarna putih, mungkin berwarna cokelat atau merah”, papar dr. Ari. Check dada Anda yang bagian itu, umumnya panu ada di bagian atas dada, lengan, leher, perut, kaki, ketiak, lipatan paha, serta muka.

Penyebabnya : Tinea versikolor atau yang umum di kenal dengan panu, dikarenakan oleh jamur yang termasuk juga dalam genus malassezia. Jamur ini begitu suka pada sisi badan yang lembap karna keringat. Jika Anda punya kebiasaan tidak segera ganti baju serta mandi sesudah pulang kerja, resiko Anda jadi makin tinggi.

Mencegah : Ubahlah baju Anda yang penuh keringat serta debu dengan yang baru. Biarlah badan Anda terserang udara sebelumnya mandi supaya keringat yang masih tetap menempel di badan tidak jadi penyebab munculnya panu. Penyakit kulit ini dapat menyebar lewat sentuhan, jadi jauhi kontak segera dengan kulit yang terserang.

3. Eksim

Eksim adalah radang yang berlangsung pada susunan kulit sisi atas. “Eksim diikuti dengan kemerahan, beruntusan, dapat juga dibarengi ‘keretakan’ kulit serta mengelupas”, kata dr. Ari. Ada beragam type eksim (arti medisnya ‘dermatitis), tetapi yang seringkali berbentuk eksim atopik. Eksim dapat menyerang di semuanya sisi badan Anda, seperti muka, tangan, kaki, siku, serta ruang belakang lutut.

Penyebabnya : Eksim atopik (pada bayi di kenal jadi ‘eksim susu) pemicunya begitu kompleks, serta di pengaruhi oleh bakat alergi yang di turunkan dengan genetik pada bahan spesifik dan di pengaruhi oleh aspek lingkungan. Eksim atopik banyak diketemukan pada keluarga dengan kisah penyakit alergi berbentuk asma/bengek, seringkali bersin/rhinitis. Hal semacam ini mengakibatkan badan alami reaksi terlalu berlebih pada beragam bahan baik alergen atau iritan, umpamanya tungau debu tempat tinggal atau bulu binatang serta alergen makanan. Sedang iritan yang disebut umpamanya keringat, bahan penambahan pada sabun seperti pewangi, pewarna. Hal semacam ini buat badan Anda alami reaksi terlalu berlebih pada bakteri atau iritasi yang sesungguhnya tidak beresiko pada kulit.

Cara mengobati eksim : Resiko terserang penyakit ini dapat ditekan lewat cara hindari pemakaian sabun atau deterjen yang memiliki kandungan beberapa zat kimia beresiko, terlebih bila kulit Anda peka. Jauhi baju yang memakai bahan yang buat kulit Anda merasa gatal. Perlu : Eksim dapat juga dipicu oleh aspek lingkungan yang bisa mengakibatkan alergi, seperti serbuk bunga, debu, bulu binatang serta beda lain.

agung miftakhudin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *